Manfaat/Kegunaan dan Efek Samping Amoxicillin



Amoxicillin  merupakan antibiotika yang banyak di konsumsi di Indonesia. Obat merupakan obat murah dan mudah didapatkan. Tersedia di apotik maupun toko obat.
 Umum di indonesia, masyarakat membeli obat tersebut tanpa resep dari dokter. Akibatnya banyak masyarakat sendiri yang dirugikan. Banyak sekali ditemukan kasus keracunan Amocixilin.
  
 Amoxicilin dalam penggolongan obat termasuk obat daftar G (keras) sehingga penggunaannya mestinya atas dasar diagnosa dokter dan memperolehnya menggunakan resep. Penggunaan Amoxicillin kaplet per oral ini perlu hati-hati jika tubuh kita tidak tahan atau alergi terhadap penicilin.


Amoxilin adalah antibiotika yang termasuk ke dalam golongan penisilin. Obat ini tidak membunuh bakteri secara langsung tetapi dengan cara mencegah bakteri membentuk semacam lapisan yang melekat disekujur tubuhnya. Lapisan ini bagi bakteri berfungsi sangat vital yaitu untuk melindungi bakteri dari perubahan lingkungan dan menjaga agar tubuh bakteri tidak tercerai berai.

Bakteri tidak akan mampu bertahan hidup tanpa adanya lapisan ini. Amoxicillin sangat efektif untuk beberapa bakteri seperti H. influenzae, N. gonorrhoea, E. coli, Pneumococci, Streptococci, dan beberapa strain dari Staphylococci. Sesuai dengan mekanisme kerja diatas maka Amoxicillin seharusnya memang digunakan untuk mengobati penyakit penyakit yang disebabkan oleh kuman kuman yang sensitif terhadap Amoxicillin.

 Beberapa penyakit yang biasa diobati dengan Amoxicillin antara lain infeksi pada telinga tengah, radang tonsil, radang tenggorokan, radang pada laring, bronchitis, pneumonia, infeksi saluran kemih, dan infeksi pada kulit. Amoxicillin juga bisa digunakan untuk mengobati gonorrhea.
 
 Amoxycilin adalah obat termasuk antibiotika yang memiliki spektrum luas antara lain untuk mengatasi infeksi yang disebabkan oleh organisme gram positif dan organisme gram negatif.

:
Untuk menjaga khasiat obat ini, maka harus pula diperhatikan cara penyimpanannya. Amoxicillin sebaiknya disimpan dalam suhu kamar yaitu antara 20 sampai 25 derajat Celcius. Untuk sirop kering yang telah dicampur dengan air sebaiknya tidak digunakan lagi setelah 14 hari atau 2 minggu. Amoxicillin bisa diminum baik sebelum maupun setelah makan dan obat ini sangat jarang ditemukan berinteraksi dengan obat obat yang lain. Amoxicillin juga aman diberikan untuk ibu hamil dan menyusui walaupun ada beberapa kasus diare yang terjadi pada bayi yang disusui oleh ibu yang minum Amoxicillin.


:
Efek samping dari Amoxicillin antara lain : diare, gangguan tidur, rasa terbakar di dada, mual, gatal, muntah, gelisah, nyeri perut, perdarahan dan dapat merusak enamel gigi bayi secara permanen.

Penelusuran yang terkait dengan amoxilin

kegunaan amoxicillin
manfaat amoxicillin
fungsi amoxilin
amoxilin untuk sakit gigi
amoxilin untuk ibu hamil
amoxilin obat apa
kegunaan obat amoxilin
kegunaan amoxilin

Comments

Popular posts from this blog

Video Malam Pertama Jodha Jalal Tanpa Sensor

Daftar Alamat Kanwil dan KPKNL Direktorat Jenderal Kekayaan Negara

UU KUP UU PPh UU PPSP UU PPN dalam bahasa inggris (in english)