Dimanakah membeli emas batangan antam di semarang?

 Update terbaru kini telah hadir Cabang Resmi PT Antam di Semarang, beli emas batangan di sini saja: Antam cabang Semarang


Saya, anda, dia, kami, mereka, ibu saya, bapak saya, saudara saya, semuanya pasti tau lah ya apa itu emas (logam mulia). Apalagi setelah emas sering menjadi topik diskusi ataupun berita di tv-tv. Emas sering banget disanjung para pengamat, disarankan para perencana keuangan untuk dipilih menjadi salah satu in strumen investasi yang patut dicoba.
Kelebihan investasi emas telah dibahas di banyak buku, banyak diulas juga di jutaan artikel/postingan di dunia maya. Dan saya yang bukan pakar dibidang emas tidak akan membahas panjang lebar kelebihan dan kelemahan investasi ini. 

Saya hanya ingin bercerita tentang pengalaman saya berinvestasi emas. Awalnya saya mencoba program gadai syariah, dimana kita dengan uang kecil bisa seolah-olah memiliki emas yang banyak dengan sistem yang dirancang oleh pihak pegadaian, dan untuk itu saya pun dikenai biaya admin dan biaya titip emas saya. Penjelasan lebih lengkap mengenai gadai emas bisa dicari di google. Awalnya saya tergiur untuk bermain seperti spekulan. Setiap hari saya pantengin  harga emas, ketika harga emas naik dan kira-kira saya untung jika menjual emas saya maka pada saat itu juga langsung saya jual emas saya. Namun, kok saya ragu dengan ke baikan cari uang dengan cara ini. 

Akhirnya setelah saya gadaikan emas saya, saya diamkan saja ia, karena tujuan saya adalah keuntungan jangka panjang.Saya putuskan hanya akan menjual emas saya ketika saya butuh uang. 
Waktu terus berlalu, dan saya semakin cemas dari minggu-ke minggu karena setiap minggu biaya titip emas saya terus terakumulasi. Kira-kira tiga bulan saya butuh uang untuk keperluan mendesak, benar dugaan saya, rugi deh gw kata orang betawi.

Sementara saya simpulkan sebenarnya kata investasi kurang tepat digunakan untuk emas, aku lebih yakin jika emas digunakan sebagai sarana untuk menabung yang paling baik.

STOP menabung uang!! mulai sekarang nabung emas yuuk.
Jika nabung uang -- nilainya terus turun tergerus inflasi.
Jika nabung uang apalagi ada di atm--mudah sekali ilang tergesek di mesin teller minimarket.
Sepuluh tahun lalu, 250rb rupiah bisa buat beli kambing, sekarang?boro2 anak kambing?ayam aja belum tentu..(ayam bangkok.hehe).
Seandainya dulu 250rb kita belikan emas, maka emas itu masih bisa buat beli kambing..
Ternyata, pada tahun 2000 ketika UMR masih senilai Rp 344.257, harga dinar emas baru mencapai Rp 288.251 dan harga kambing ukuran sedang sekitar Rp. 250.000.(sumber).
Di buku-buku dianjurkan jika kita hendak menabung emas menabunglah dengan emas batangan bukan emas perhiasan. Emas perhiasan mengandung biaya pembuatan yang lebih besar daripada emas batangan jadi harga jual kembalinya kurang bila dibandingkan dengan emas batangan. Namun sayangnya tempat untuk membeli emas batangan di Indonesia sepertinya masih jarang. Search di google toko antam hanya ada di Jakarta (pulo gadung) dan Surabaya. Tapi sebenarnya ada juga lo toko emas yang jual emas batangan antam tapi ya itu harganya lebih mahal dikit dari harga antam.

Ini bukan promosi tapi murni berbagi informasi: Tempat yang menjual emas batangan di Kota Semarang selain pegadaian dan bank syariah yaitu: Toko Emas Asli Bagong di JalanWahid Hasyim 8 (Komplek Pertokoan Kranggan). Kalau perlu telfon dulu sebelum membeli,tanya harga/stock. Nomor telephone toko emas asli bagong semarang
Toko Emas Bagong Semarang

referensi lain. 

Update terbaru kini telah hadir Cabang Resmi PT Antam di Semarang, beli emas batangan di sini saja: Antam cabang Semarang

11 comments:

  1. Pri, kalo yang ini gimana?
    http://www.kaskus.us/showthread.php?t=12284088

    Cari-cari info ya, ntar beli bareng
    :)

    ReplyDelete
  2. @doni: boleh dicoba tuh kayaknya,,,yuk kapan kita ke sana..

    ReplyDelete
  3. tnya dong,,
    lbh baik beli emas lgsg d toko emas dan simpan sndri,,atau beli d pgadaian dan skalian dsimpan dsna,,?soalnya stlh saya baca2,,nyimpan emas murni itu agk susah,,
    Mhon infonya,,saya msh baru dlm invest ini,,

    ReplyDelete
  4. semuanya ada risiko nya mas/mba.
    1. Simpan sendiri
    - lebih hemat biaya tapi risiko hilang besar
    2. Simpan di Pegadaian
    - ada biaya administrasi dan biaya titip
    alternatif lain simpan di deposit box bank saja..sepertinya lebih murah..nanti akan saya post perbandingan harganya...

    ReplyDelete
  5. Jika ilustrasinya adalah membandingkan harga kambing zaman dulu & sekarang, kenapa malah menabung emas? Nggak memelihara kambing saja?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sedikit pengalaman :
      Sebagian gaji saya tabung di Bank, setelah cukup beli emas batangan/logam mulia ( LM ) 50 gram, maka tabungan saya ambil buat beli LM. dan saya simpam di Save Deposit Box di Bank bersama Ijasah,surat tanah, BPKB motor, sewanya sekitar 250 ribu per tahun.
      Setelah LM terkumpul cukup, maka saya jual buat beli Tanah/rumah. ( tentunya dengan melihat kondisi harga jual LM ).
      Alhamdulillah...... selisih harga beli dan harga jual LM tsb jauh melebihi nilai inflasi.
      Jangan lupa... emas tsb harus diihtung Zakat nya.
      Jangan nabung dalam waktu lama di Bank, karena laju inflasi yang tinggi, sehingga daya beli semakin turun.
      Adik adik muda...lakukan seperti ini, Insya ALLAH, berkah...Amin

      Delete
    2. ya allah.. pengen juga bisa beli2 kayak gini.. kumpul2 aja masih lom bisa... makasih infonya mas nanang

      Delete
  6. keren juga nabung emas, tq.

    ReplyDelete
  7. Aku mw nabung emas tpi duitnya g ada

    ReplyDelete

Weblog ini dikunjungi ribuan orang tiap harinya. Terima Kasih atas Kunjungan Anda. Berikan kritik, saran, dan/atau tanggapanmu di kolom komentar. :-)

Cari Artikel Lainnya Yang Relevan??

Custom Search
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...