Cara Agar Hutang Cepat Terlunasi

Hampir pada umumnya, semua manusia dewasa di Indonesia memiliki hutang. Hutang uang, hutang sepeda motor, hutang mobil, hutang rumah adalah contoh-contoh yang umum. Bahkan bagi seorang pegawai biasanya mencicil hutang sampai masa pensiun. 

Kenapa mereka hobi berhutang, padahal hutang berbunga sangat tinggi. Hutang kadang mencekik leher, dan menyusahkan karena dikejar debt kolektor.


 Pengalaman saya, pokok hutang dan cicilan hutang hampir sama besarnya. Sebagian penghasilan saya keluarkan untuk membayar hutang. Saya kerja capek capek tapi hasilnya saya serahkan begitu saja kepada pihak yang saya utangi untuk membayar bunga utang?


Untuk itu sungguh beruntung orang yang tak punya utang. Nabi Muhammad SAW bahkan secara khusus dalam setiap sembahyangnya sering memohon kepada Allah SWT supaya terhindar dari masalah utang, "Allahumma inni a'uudzu bika min al-ma'tsami wa al-maghram, Ya Allah aku berlindung kepada-Mu dari berbuat dosa dan lilitan utang.”  

Karena kebiasaan Nabi SAW berdoa dengan kalimat tersebut, seorang sahabat bertanya kepada Nabi, "Mengapa Engkau banyak meminta perlindungan dari utang, wahai Rasulullah?"

Jawab Nabi tegas, “Sesungguhnya seseorang apabila sedang berutang ketika dia berbicara biasanya berdusta dan bila berjanji sering mengingkarinya," (HR Bukhori)

Utang bisa membuat orang bersedih dan pikiran tidak tenang. Kepada para sahabatnya, Nabi menegaskan, bahwa utang-piutang adalah perkara yang harus disegerakan. Karena pentingnya melunasi utang, Rasulullah pernah mengajarkan doa kepada sahabatnya.  

Jadi bagaimana agar hutang cepat terlunasi? Jangan sepelekan hutang dan segera lunasi jika ada dana walaupun sedikit demi sedikit.


Comments

Popular posts from this blog

Video Malam Pertama Jodha Jalal Tanpa Sensor

Daftar Alamat Kanwil dan KPKNL Direktorat Jenderal Kekayaan Negara

UU KUP UU PPh UU PPSP UU PPN dalam bahasa inggris (in english)