Penanganan Pertama Sakit Typhus

Ada yang bilang penyakit Typhus termasuk penyakit menular, benarkah..?Menular atau tidak   yang terpenting adalah bagaimana kita menjaga kesehatan agar daya tahan tubuh selalu prima sehingga kebal dari penyakit thypus.

Rasa sakit thypus terasa di perut tembus sampai  ke pinggang sangat menyengsarakan. Hal ini adalah pengalamanku dulu sewaktu kuliah pernah mengalaminya dulu.

Sebenarnya bagaimana cara penanganan pertama sakit thypus? Terutama cara-cara yang alami dan islami?

1. Beri makanan yang lembut hingga ke kasar secara perlahan. Pertama pasien diberi diet bubur saring, kemudian bubur kasar, dan akhirnya nasi sesuai tingkat kesembuhan pasien.  Lakukan hal tersebut selama dua minggu.

2. Hindari makanan yang sulit dan membutuhkan waktu lama dicerna oleh lambung.

3. Hindari makanan yang pedas, asam dan mengandung santan.

4. Perbanyak  konsumsi buah pepaya.

5. Hindari makanan yang telah terkontaminasi oleh bakteri tipus. Untuk itu jangan makan makanan sembarangan. Makan makanan yang benar-benar bersih dan masakan rumah sendiri.

6. Istirahat yang cukup bahkan istirahat total dan jalankan perawatan medis  yang bertujuan untuk mencegah komplikasi dan mempercepat penyembuhan.

Pasien harus bed rest  sampai minimal 7 hari hingga bebas demam atau kurang lebih selama 14 hari.

Ilustrasi Sakit Tipes

Gerak pasien harus dilakukan bertahap, sesuai dengan pulihnya kekuatan pasien. Dalam perawatan perlu sekali dijaga kebersihan perseorangan dan kebersihan lingkungan.

Popular posts from this blog

Video Malam Pertama Jodha Jalal Tanpa Sensor

Daftar Alamat Kanwil dan KPKNL Direktorat Jenderal Kekayaan Negara

UU KUP UU PPh UU PPSP UU PPN dalam bahasa inggris (in english)