3 Sinetron Tidak Berkualitas Versi Komisi Penyiaran Indonesia dan Juga Saya

Sudah kuduga salah satu diantara ketiga sinetron ini menurut saya adalah sinetron yang sangat-sangat tidak berkualitas, sudah jalan ceritanya wagu adegan dala sinetron tersebut pun ajeg, berantem terus nerantemnya juga lucu banget kaya anak kecila lagi maen gelut-gelutan. tak ayal salah satu sinetron tersebut masuk dalam daftar 3 sinetron yang tidak berkualitas dan sebaiknya dihindari versi KPI dan juga saya. berikut cuplikanya.
Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) merilis ada tiga sinetron yang tidak berkualitas berdasarkan survei indeks kualitas. Oleh karena itu, KPI menghimbau agar masyarakat menghindari menonton tiga sinetron tersebut.
Dari hasil survei dengan kriteria mengenai relevansi cerita, pembentukan watak dan jati diri bangsa, penghormatan keberagaman, norma dan sosial, non-kekerasan, dan non-seksual, indeks kualitas ketiga sinteron tersebut rendah.
Skala indeks kualitas itu diukur dari dua bagian. Pertama, menurut tujuan, fungsi, dan arah penyiaran. Kedua, menurut Kode Etik dan Undang-undang dan Pedoman Perilaku Penyiaran Standard Program Siaran (P3SPS).
Jumlah respondennya 810 orang di sembilan kota di Indonesia. Syarat pendidikannya minimal SMA. Profesinya yaitu ibu rumah tangga, pendidik, aktivis, mahasiswa, tokoh agama, tokoh pemuda, tokoh adat dan masyarakat, birokrat, wartawan, karyawan, TNI/Polri, dan wakil rakyat.

1. Sinema Pintu Tobat (Indosiar) 


Sinema Pintu Tobat

Menurut survei KPI, total indeks kualitas 7 Manusia Harimau 2,20. standar indeks kualitas yang ditetapkan oleh KPI adalah sangat tidak berkualitas (1,00), tidak berkualitas (2,00), kurang berkualitas (3,00), berkualitas (4,00), dan sangat berkualitas (5,00).
Selain indeks kualitas yang rendah, KPI juga menerima sejumlah keluhan mengenai sinetron ini. Ketua Bidang Penelitian Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia (ISKI) Endah Murwani mengatakan, telah ada 121 pengaduan mengenai sinetron ini.

2. Emak Ijah Pengen ke Mekah (SCTV)

Mak Ijah Pengen ke Mekkah

Menurut survei KPI, total indeks kualitas Emak Ijah Pengen ke Mekah hanya 2,90. Sinetron ini juga telah diadukan oleh masyarakat sebanyak 73 kali.
Pemeran sinetron ini antara lain Aty Cancer Zein, Titi Kamal, Shinta Muin, Trio Ubur Ubur, dll. Sinetron ini tayang pada Senin, 1 Juli 2013 sampai dengan Sabtu, 9 Mei 2015 berjumlah 645 episode

 3. 7 Manusia Harimau (RCTI)

7 Manusia Harimau

Total indeks kualitas Sinema Pintu Tobat hanya 2,90. Sinetron produksi SinemArt yang ditayangkan RCTI ini diangkat dari serial novel Tujuh Manusia Harimau karya Motinggo Boesje.
Namun, ada sejumlah perbedaan antara versi novel dengan televisi. Latar yang digunakan dalam cerita sinetron ini adalah Bengkulu.
Selain itu, ada beberapa tokoh utama yang namanya diubah untuk penyesuaian yang bertujuan untuk unsur estetika, misalnya Harwati diganti dengan Karina, Lading Ganda diubah menjadi Rajo Langit, dan beberapa penamaan tokoh lainnya.
Berikut adalah daftarnya. Pokoknya nggak rekomended banget buat kalian yang mempunyai waktu yang sangat berharga.
Semoga bermanfaat.

(sumber : http://portalsemarang.com/inilah-3-sinetron-tidak-berkualitas-menurut-komisi-penyiaran-indonesia) 

Popular posts from this blog

Video Malam Pertama Jodha Jalal Tanpa Sensor

Daftar Alamat Kanwil dan KPKNL Direktorat Jenderal Kekayaan Negara

UU KUP UU PPh UU PPSP UU PPN dalam bahasa inggris (in english)