Cara Mudah Belajar NYetir Mobil Manual
Nyetir mobil manual itu gampang. Sehari juga sudah bisa mengetahui semua teorinya. Prakteknya tergantung keberanian dan keluwesan anda masing-masing. Berikut teori mengemudi yang cukup sukses membantu saya dalam belajar nyetir :PENGALAMAN KURSUS STIR MOBIL dan TIP’S MENGEMUDIKAN MOBIL
Pada tahun 2011 bulan Februari saya selesai kursus stir mobil di “UKI” Semarang
saya mengambil private 6 x pertemuan @ 1 jam = Rp. Rp. 200.000,-
lihat juga tulisan saya yang lain : Siapa Bilang Nyetir Matic Lebih Mudah
saya mengambil private 6 x pertemuan @ 1 jam = Rp. Rp. 200.000,-
lihat juga tulisan saya yang lain : Siapa Bilang Nyetir Matic Lebih Mudah
Jenis Latihan
| ||
1
|
Penjelasan instruktur mengenai pokok2 yang harus diketahui oleh seorang pengemudi
| |
Perkenalan instrumen mobil dan cara penggunaanya
| ||
2
|
Penguasaan Teknik Kendaraan
| |
a
|
Start
| |
b
|
Oper gigi
| |
c
|
Berhenti
| |
d
|
Belok kiri / kanan
| |
3
|
Memberhentikan mobil secara mendadak atas perintah instruktur tanpa ada kekeliruan / mesin mati
| |
4
|
menghadapi problem lalu lintas:
| |
a
|
Berjalan dengan sempurna di jalan raya, cara2 berbelok ke kanan / ke kiri dengan cara melewati persimpanga
| |
b
|
Tetap berjalan di belakang kendaraan yang sedang berjalan lambat
| |
c
|
Mengejar dan melewati kendaraan lain dengan cara yang benar
| |
d
|
Waktu Latihan di jalan umum harus mentaati dan memperhatikan segala peraturan lalu lintas
| |
5
|
Latihan ketrampilan ( di lakukan di lapangan)
| |
a
|
Jalan mundur lurus sejauh 50 meter
| |
b
|
Memutar kendaraan di tempat yang terbatas (diantara 2 bh mobil)
| |
6
|
Latihan Ujian
| |
a
|
Parkir kiri kanan
| |
b
|
Mundur lurus 50 meter
| |
c
|
Parkir paralel
| |
d
|
Tanjakan, maju/mundur
| |
Urutan pedal : Kopling (selalu kaki kiri yang menginjaknya), Rem dan Gas (pakai kaki kanan secara bergantian)
| ||
Menghidupkan mobil dalam keadaan kopling di gigi nol
| ||
1
|
Pasang tali / sabuk pengaman
| |
2
|
Putar kunci untuk menghidupkan mesin
| |
3
|
Hidupkan AC
| |
4
|
Turunkan Rem Tangan
| |
5
|
Injak kopling habis, pindahkan gigi ke gigi 1
| |
6
|
Angkat kopling pelan2
| |
7
|
sambil Injak gas sedikit demi sedikit sampai terasa mobil bergerak
| |
Memundurkan mobil :
| ||
1
|
Injak kopling habis, pindahkan gigi ke gigi R
| |
2
|
Angkat kopling pelan2
| |
Rasakan sampai mobil terasa bergerak mundur
| ||
Atur
bergerak mundurnya mobil dengan cara menginjak dan mengangkat kopling
sekuku sampai dengan ½ kopling (jangan lebih dan jangan mengangkat
terlalu cepat agar mesin tidak mati)
| ||
Ganti gigi pada saat mobil berjalan (kaki kanan masih menginjak gas)
| ||
1
|
Injak kopling habis
| |
2
|
Angkat gas
| |
3
|
Pindahkan gigi ke posisi yang dikendaki
| |
4
|
Angkat kopling pelan2
| |
5
|
Injak gas pelan2, sampai terasa jalannya mobil stabil sesuai dengan kecepatan seharusnya
| |
6
|
Lepaskan kaki dari kopling, atur jalannya mobil hanya dengan menginjak dan mengkat gas saja
| |
Jika melalui polisi tidur
| ||
1
|
Angkat gas, tempel pedal rem
| |
2
|
Injak kopling habis, pindahkan ke gigi 1
| |
3
|
Angkat kopling pelan2, mobil dijalankan hanya dengan mengangkat kopling sekuku sampai ½ kopling
| |
atau kopling tak usah diinjak, biarkan saja mobil bergerak memakai lumpsum nya
| ||
4
|
jika dirasa polisi tidur terlalu tinggi, Injak gas sedikit sampai dirasa mobil bisa melewati polisi tidur
| |
5
|
Setelah dapat melewati polisi tidur injak gas pelan2
| |
Menambah/mengurangi gigi
| ||
1
|
Injak kopling habis
| |
2
|
Angkat gas
| |
3
|
Pindahkan gigi ke gigi yang dikehendaki
| |
3
|
Tempel gas
| |
4
|
Angkat kaki dari kopling pelan2
| |
Menghentikan mobil tiba2 dalam keadaan mobil sedang berjalan cepat
| ||
1
|
Injak rem pelan2 sampai terasa mobil berhenti
| |
2
|
Injak kopling habis
| |
3
|
Pindahkan gigi ke gigi 0
| |
4
|
Angkat rem tangan
| |
Menghadapi macet di lampu merah menggunakan rem
| ||
1
|
Injak kopling habis
| |
2
|
Tempelkan kaki di rem (mainkan sesuai keadaan jalan)
| |
3
|
Pindahkan gigi ke gigi 1
| |
3
|
Angkat kopling sedikit demi sedikit untuk menjalankan mobil merayap
| |
atau injak saja kopling habis biarkan mobil berjalan menggunakan lumpsump nya
| ||
Menghadapi macet di lampu merah tanpa menggunakan rem, atau ketika hendak keluar dari gang ke jalan raya
| ||
1
|
Injak kopling habis
| |
2
|
Tempelkan kaki di rem
| |
3
|
Pindahkan gigi ke gigi 1
| |
3
|
Angkat kopling sedikit demi sedikit untuk menjalankan mobil merayap
| |
4
|
atau injak saja kopling habis biarkan mobil berjalan menggunakan lumpsump nya
| |
5
|
Tempel kaki di gas
| |
Berhentikan mobil: Angkat kopling sekuku dan injak rem sedikit (tempel rem)
| ||
Jalankan mobil merayap: Angkat kopling sekuku
| ||
Dengan posisi ini mobil akan berjalan merayap
| ||
Belok balik (berputar balik 180o) ke kanan П
| ||
1
|
Jika mobil melaju terlalu cepat, tempel gas
| |
2
|
Injak kopling habis
| |
3
|
Angkat gas
| |
3
|
Pindahkan gigi ke gigi 1
| |
4
|
Angkat
kopling sedikit demi sedikit untuk menjalankan mobil merayap (=bergerak
perlahan), dan injak kopling sekuku kalau ingin mengurangi jalan
merayapnya mobil, lihat jalur apakah bebas jika ada mobil yang ingin
lewat maka injak lagi kopling sekuku sambil menempel rem atau menempel
gas (sebaiknya dipilih memberhentikan mobil dengan menempel gas agar
jika mau jalan lagi tinggal lepaskan gas dan angkat kopling saja
sekuku). Jika jalur sudah bebas hambatan, angkat kopling sekuku (mobil
merayap maju)
| |
5
|
Putar
stir 2 x ke kanan (putar stir habis) (ingat jangan memutar stir dalam
keadaan mobil diam/berhenti, bisa merusak komponen mobilnya nanti)
(lihat jalur apakah bebas atau tidak)
| |
- Jika jalur aman, jalankan/belokkan mobil dengan mengangkat kopling sekuku (mobil akan maju merayap),
kurangi laju jalannya mobil dengan menginjak kopling sekuku | ||
- Jika jalur sibuk berhentikan mobil dengan kombinasi mengangkat kopling sekuku dengan menempel rem
| ||
(biasanya jika kopling diangkat sekuku akan terasa mobil bergetar sedikit)
| ||
- Jika jalur sudah bebas kembali ankat kopling sekukumkembali (mobil akan merayap maju kembali)
| ||
6
|
Setelah mobil berhasil belok dan dirasa sudah lurus, segera putar balik stir 2x ke kiri sambil mobil maju merayap
| |
-
Jika mobil sudah lurus, tempel gas (sesuaikan dengan kondisi lalu
lintas), angkat kopling perlahan, jika sudah sesuai dengan kondisi jalan
yang dihadapi lepaskan kaki dari pedal kopling biarkan jalannya mobil
hanya diatur oleh gas
(gunakan gigi 1, 2, dan 3 saja jika berada di dalam kota) | ||
Menghidupkan mobil yang mati mesin tiba2
| ||
1
|
Jangan panik !
| |
2
|
Injak kopling habis
| |
3
|
Angkat kopling perlahan2, rasakan sampai mobil bergerak maju perlahan
| |
- Jika jalan menanjak, bantu tenaga mobil dengan menginjak gas sedikit
| ||
- Jika mobil sedah bergerak stabil, angkat kaki dari kopling, jalankan mobil hanya dengan gas saja
| ||
Macet di jalan tanjakan
| ||
1
|
Gigi dalam posisi gigi 1 (sebaiknya selalu gunakan gigi 1 kalau jalanan macet)
| |
2
|
Injak kopling habis
| |
3
|
Angkat kopling perlahan2, rasakan sampai mobil bergerak maju perlahan
| |
Jika jalan menanjak, bantu tenaga mobil dengan menginjak gas sedikit
| ||
Jika mobil didepan berhenti di tanjakan , injak kopling habis, injak rem
| ||
Jika
mobil di depan mulai bergerak sedikit di jalan tanjakan , angkat
kopling perlahan sampai ½ kopling (rasakan sampai mobil bergetar)(agar
mobil tidak mundur ketika melapas rem), baru lepaskan rem, tempel gas
| ||
Jika
mobil di depan berhenti lama, injak rem, injak kopling, pindahkan gigi
ke gigi 0, angkat rem tangan, angkat kaki dari kopling. Jika mobil di
depan mulai bergerak maju, injak habis kopling, tekan rem tangan, injak
pedal rem, masukkan gigi ke gigi 1, angkat kopling sekuku sampai mobil
terasa bergetar sedikit (agar mobil tidak mundur), tempel gas
| ||
Tanjakan tanpa menggunakan rem
| ||
1
|
Gigi dalam posisi gigi 1
| |
2
|
Injak kopling
| |
3
|
Angkat kopling sekuku (mobil akan bergerak maju perlahan, MOBIL BERJALAN)
| |
4
|
Injak kopling sekuku diimbangi dengan menginjak/menempel gas sedikit (mobil akan berhent, MOBIL BERHENTIi)
| |
5
|
Angkat kopling sekuku (mobil akan merayap maju kembali, MOBIL BERJALAN)
| |
Untuk berjalan atau dan berhenti dalam posisi ini hanya menggunakan kombinasi injak dan angkat koling sekuku
| ||
Tiba2 ada orang menyeberang
| ||
1
|
Angkat gas
| |
2
|
Injak rem
| |
3
|
Injak kopling habis
| |
Macet di jalan rata
| ||
1
|
Gigi dalam posisi gigi 1
| |
2
|
Injak kopling habis
| |
3
|
Angkat kopling perlahan2, rasakan sampai mobil bergerak maju perlahan
| |
Jika mobil di depan berhenti tiba2, injak rem perlahan atau angkat kopling sekuku sambil injak gas sedikit
| ||
Kombinasi
kopling dangan gas ketika mobil didepan berhenti tiba2 lebih baik
digunakan sehingga kalau mobil di depan maju tinggal angkat kopling
sambil tempel gas. Jadi maju dan berhentinya mobil hanya menggunakan
kombinasi kopling dan gas !
| ||
Jika
mobil di depan mulai bergerak maju sedikit, injak kopling habis, lalu
angkat kopling sekuku rasakan mobil mulai maju merayap
| ||
Jika mobil di depan mulai berhenti perlahan, angkat kopling sekuku, injak gas (rasakan sampai terasa mobil berhenti perlahan)
| ||
Jika
mobil di depan berhenti lama, injak rem, injak kopling, pindahkan gigi
ke gigi 0, angkat rem tangan, angkat kaki dari kopling. Jika mobil di
depan mulai bergerak maju, injak habis kopling, tekan rem tangan,
masukkan gigi ke gigi 1, angkat kopling sampai terasa mobil maju jika
perlu boleh tambahkan dengan menginjak gas
| ||
Macet di jalan turunan
| ||
1
|
Gigi dalam posisi gigi 0
| |
2
|
Mainkan rem saja tak perlu gas karena mobil akan berjalan dengan sendirinya tanpa di gas
| |
Mobil sedang melaju cepat tiba2 mobil didepan jalan merayap
| ||
1
|
Injak rem perlahan
| |
2
|
Injak kopling habis, pindahkan ke gigi 1
| |
3
|
Angkat kopling sekuku biarkan mobil maju merayap
| |
4
|
jika
mobil di depannya berhenti tinggal menginjak kopling lalu angkat
sedikit kombinasikan dengan menginjak gas sampai mobil terasa berhenti
perlahan, atau injak kopling dan tempel rem
| |
Menghentikan mobil tiba2 dalam keadaan mobil sedang berjalan pelan
| ||
1
|
Injak kopling habis
| |
2
|
Tempelkan kaki di rem, rasakan sampai mobil terasa berhenti secara perlahan2 (jangan menginjak rem terlalu cepat)
| |
3
|
Pindahkan gigi ke gigi 0
| |
3
|
Angkat rem tangan
| |
Parkir di depan tempat kursus di Bojongsari yang ada disebelah kiri jalan dari arah Parung
| ||
1
|
Injak kopling habis
| |
2
|
Lepaskan gas
| |
3
|
Pindahkan gigi ke gigi 1
| |
4
|
Putar habis stir ke kiri (putar 2 x )
| |
5
|
Angkat kopling sekuku (mobil bergerak maju perlahan)
| |
6
|
Atur mobil hingga parkir dengan ban lurus ke depan, gunanya agar power stering tidak cepat aus/rusak
| |
Memutar mobil 180o di depan tempat kursus Mobil (putar melawan arah jam, nanti mulut mobil di kiri dan pantat mobil di kanan)
Mobil nanti terparkir dengan depan mobil mengarah ke jalan raya | ||
1
|
Injak kopling habis
| |
2
|
Putar stir habis ke kanan
| |
3
|
Pindahkan gigi ke gigi R
| |
4
|
Angkat kopling sekuku (mobil bergerak mundur perlahan dengan buntut mobil ke kanan)
| |
5
|
Jika
posisi sudah lumayan lurus, injak kopling sekuku (untuk memberhentikan
laju mobil) kemudian lihat dari kaca spion ruangan di belakang mobil
apakah ada jarak atau tidak antara pantat mobil dengan tempat smpah
dibelakangnya)
| |
6
|
Jika
posisi aman, artinya ada jarak antara pantat mobil dengan tempat sampah
itu, maka angkat kopling sekuku (mobil merayap mundur kembali)
| |
7
|
Setelah mobil lurus dan cukup buat memutar mobil kembali, injak habis kopling, pindahkan gigi ke gigi 1
| |
8
|
Putar habis stir ke kiri ( 2 x putaran)
| |
9
|
Angkat kopling sekuku (mobil mulai bergerak maju merayap lagi)
| |
10
|
Jika masih belum dapat, injak lagi rem
| |
11
|
injak kopling, pindahkan gigi ke R
| |
12
|
Angkat kopling sekuku (mobil merayap mundur)
| |
13
|
Karena ada tangga 1 tingkat dan kita akan meletakkan buntut mobil diatas tangga tersebut, injak gas agak banyak
| |
14
|
Setelah mobil dapat melewati tangga, injak kopling habis
| |
15
|
injak rem
| |
16
|
Luruskan stir agar posisi ban atau posis parkir menjadi lurus
| |
Parkir mundur di garasi bagain kiri jalan
| ||
1
|
Posisi belakang mobil sedikit sebelum tonggak pagar
| |
2
|
Injak kopling habis, pindahkan gigi ke R
| |
3
|
Mundurkan
mobil hanya dengan menggerakkan kopling sedikit,caranya: injak kopling
habis, angkat kopling sekuku, tahan biarkan mobil merayap, injak lagi
sekuku, tahan
| |
4
|
Putar stir mobil 2 x ke kiri (putar habis)
| |
5
|
Mobil luruskan (ban luruskan) dengan cara putar balik stir 2 x putaran ke kanan
| |
6
|
Mundurkan lagi mobil sedikit agar mobil menjadi lurus
| |
Berhentikan mobil ketika mundur
| ||
1
|
Angkat gas
| |
2
|
Injak rem perlahan2
| |
3
|
Injak kopling habis
| |
Melambatkan jalannya mobil ketika mundur (Mobil berjalan merayap)
| ||
1
|
Posisi gigi di R, angkat gas, tempel rem
| |
2
|
Injak kopling, angkat/lepas rem
| |
3
|
Angkat kopling sekuku
| |
Perhatikan
! Jika sudah dapat berhenti dengan ½ kopling + tempel gas, maka jika
gas ditambah sebesar apapun mobil tak akan bergerak
| ||
Parkir maju
| ||
1
|
Lewati mobil ½ badannya
| |
2
|
Belokin stir
| |
3
|
Jalankan mobil pelan2 kopling diangkat pelan2 sekuku
| |
Mundur/parkir ke kanan
| ||
1
|
Putar stir habis ke kanan
| |
2
|
Mundur merayap
| |
3
|
Putar balik stir
| |
4
|
Mundur lurus
| |
Parkir mundur ke kanan ∆
| ||
1
|
Injak kopling habis
| |
2
|
Pindahkan gigi ke R
| |
3
|
Tempel rem
| |
4
|
Mundur lurus
| |
5
|
Jalankan
mundur perlahan dengan pola: jalan mundur pelan – berhenti – jalan –
berhenti -jalan dengan cara: Injak kopling sekuku, tahan, lalu angkat
lagi kopling sekuku, tahan
| |
6
|
Mata lihat ke kaca spion
| |
7
|
Perhatikan: Mundur mobil harus diusahakan lurus segaris dengan trotoar
| |
Jika pantat mobil sudah sampai di ujung jalan atau kurang sedikit dari ujung jalan tempat parkir maka Injak kopling
| ||
8
|
Putar stir habis kekanan 2 x putaran
| |
9
|
Angkat kopling sekuku
| |
10
|
Jika jalan menanjak bantu tenaga mobil dengan menginjak gas
| |
11
|
Jika kira2 mobil sudah masuk, luruskan mobil dengan cara injak kopling
| |
12
|
Putar balik stir 2 x ke kiri
| |
13
|
Angkat kopling sekuku agar mobil bisa masuk pas ke dalam tempat parkir
| |
Jika
ingin parkir tepat di pinggir maka mobil dibelokkan kurang sedikit
pantat mobil dari ujung jalan (lebihkurang sebesar 1 x badan manusia)
| ||
Jika ingin parkir agak ke tengah (jika tempat parkir agak besar) maka start mobil di belokkan pas di ujung jalan belokan itu
| ||
14
|
Injak kopling
| |
15
|
Tempel rem
| |
16
|
Pindahkan gigi ke gigi 0
| |
17
|
Angkat rem tangan
| |
18
|
Lepaskan kaki dari kopling dan pedal rem
| |
19
|
Matikan AC, copot sealt belt, matikan mesin mobil, ambil kunci dan simpan, gembog stir mobil, buka pintu
| |
Jika kita salah perhitungan ketika membelokkan mundur mobil, maka
| ||
1
|
Injak kopling
| |
2
|
Pindahkan gigi ke gigi 1
| |
3
|
Majukan mobil sedikit, jika kira2 sudah lurus (kontrol dengan cara mengatur ban mobil agr lurus dengan cara putar balik stir)
| |
4
|
Mundurkan
mobil dengan cara Injak kopling, pindahkan ke gigi R, angkat kopling
sekuku tahan, angkat lagi sekuku tahan, injak sekukuku taha, begitu
seterusnya sampai posisi mobil benar2 masuk
| |
Jangan lupa melihat kondisi jalur jalan sebelah kanan dan kiri serta belakang melalui kaca spion
| ||
Perhatian :
| ||
1
|
Stir tidak boleh diputar dalam keadaan mobil diam karena bisa merusak ban dan poros ban
| |
2
|
Kalau
jalan menanjak dan jalanan macet agak lama di tanjakan maka pakailah
rem tangan jangan selalu mengandalkan kopling sebab kalau tidak dapat
merusak mekanik kopling
| |
3
|
Rem
kaki tidak boleh diteka terus tapi harus dengan pola angkat, injak,
angkat, injak (misalnya ketika turunan) sebab dapat menyebabkan rem
terbakar
| |
4
|
Pakailah selalu gigi 1 jika melalui jalan yang berlubang2
| |
5
|
Untuk perjalanan dalam kota yang ramai dianjurkan untuk selalu menggunakan gigi 1 dan 2 saja
| |
6
|
Kuasai emosi ketika berjalan lambat setelah berjalan cepat
| |
7
|
Gigi 1, 2, 3 untuk jalan lambat dan tanjakan
| |
8
|
Gigi 4,5 tak kuat jika digunakan untuk jalan tanjakan
| |
9
|
Untuk menghindari mesin mati tiba2 maka angkatlah kopling pelan2 jangan menyentak dan sekaligus
| |
10
|
½ kopling berguna untuk jalan menanjak, macet, belok, start awal berjalan, mundur, belok/memutar mobil, dan parkir
| |
11
|
Gigi 3 untuk jalan raya besar
| |
12
|
Gigi 2 untuk jalan raya kecil/sempit
| |
TIPS :
| ||
1
|
Bagian mobil yang tidak boleh kena air ketika mencuci mohbil: tempat busi, dan tempat injection
| |
2
|
Mesin hendaknya dibersihkan dengan minyak tanah jangan dengan air, karena mesin cepat karatan jika kena air
| |
3
|
Jika
mengganti oli minta dibersihkan juga: busi, saringan udara minta
disemprot sebab saingan udara yang kotor berpengaruh terhadap pemakaian
bahan bakar
| |
4
|
Sampai jalan 50.000 km mobil baru masih aman karena service masih ditanggung dealer
| |
5
|
Jika stir ngebuang maka harus di balanching dan di spooring
| |
6
|
Seminggu sekali sebaiknya ganti air aki
| |
7
|
Tun up jangan terlalu sering
| |
8
|
Saringan bensin dibersihkan dengan ditiup agar tidak cepat kotor
| |
9
|
Bensin jangan dibiarkan sampai habis karena kotoran bisa naik
| |
10
|
Mencuci mobil jangan memakai rinso tapi pakailah shampoo mobil
| |
11
|
Setelah jalan 75.000 km biasanya ban harus diganti
| |
12
|
Jangan terlalu banyak main setengah kopling jika lampu merah pakai rem tangan saja karena dapat membuat mesin panas !
| |
Sebab bisa membuat kanvas kopling tipis sehingga mobil akan terasa kurang tenaga meskipun sebenarnya mesin baik2 saja.
Output mesin akan terbuang sia2 karena salah satu penyalurnya tidak berfungsi dengan baik. Jika penipisan pada kanvas kopling sudah amat parah maka mobil tidak bisa melaju sama sekali. | ||
Fungsi kopling adalah meneruskan tenaga dari mesin ke persneling (tansmisi)
| ||
Menginjak
kopling setengah memang perlu sebagai penyeimbang agar mesin mobil
tidak mati saat di-rem atau waktu pertama kali kendaraan melaju. Cuma,
seharusnya jangan terlalu lama dan jangan terlalu sering. Satu lagi,
begitu selesai perpindahan gigi, langsung lepas pedal kopling.
| ||
Yang
sulit dihindari adalah saat jalanan macet. Kebanyakan pengendara lebih
memilih menginjak pedal kopling setengah ketimbang cara lain. Salah satu
cara yang kami sarankan adalah melaju perlahan dengan gigi satu. Andai
pun terpaksa harus berhenti karena antrian mobil, lebih baik posisikan
netral sekaligus dan injak rem. Sehingga, pedal kopling bisa dibebaskan.
| ||
Ketika
kopling diinjak, kaitan antara mesin dan persneling akan terputus
sehingga praktis output mesin tidak sampai ke penggerak roda.
Digeber-geber pun laju kendaraan tidak akan berubah. Laju roda akan
terpengaruh begitu kopling dilepas. Sebab, pada saat pedal kopling
dilepas, plat penekan (matahari) akan menekan kanvas sehingga power dari
mesin (melalui fly wheel) dapat bergerak menuju persneling.
| ||
Pada
saat kopling ditekan setengah, maka tenaga dari mesin melalui fly wheel
yang diteruskan ke persneling pun hanya setengah. Posisi kanvas juga
setengah menghubungkan. Posisi inilah yang membuat terjadinya gesekan
antara kanvas kopling – fly wheel – matahari. Gesekan-gesekan ini yang
akan mempercepat tipisnya kanvas kopling
| ||
13
|
Biasakan menggunakan oli merk PRIMA (beli di pertamina)
| |
14
|
Mobil di tempat kursus biasa pakai oli merk ADNOC (warna hijau) karena mobilnya dipakai terus menerus
| |
15
|
Panaskan mobil tiap hari selama 10 menit
| |
16
|
Merk cat mobil dihapalin, minta contoh cat ke dealer atau minta secukupnya
| |
17
|
Bila mobil garet sedikit, hilangkan dengan autan pada tempat yang kena lalu cuci pakai shampoo
| |
18
|
Jika mengelap kaca harus sampai kering
| |
19
|
Saringan udara dan busi original bekas simpan saja jangan dibuang
| |
20
|
Pakailah lap mobil merk CANEBO, lap ini full terbuat dari karet, jika ditarik akan terasa melar
| |
21
|
Harga kunci stir kira2 Rp. 50.000,-
| |
22 | Jangan pernah sekalipun menyetir dalam keadaan mengantuk atau lelah. Saya pernah mengalami memaksakan diri menyetir dalam keadaan mengantuk, akibatnya mobil saya menabrak fondasi rumah orang ketika sudah mau sampai rumah (posisi kopling di gigi 1), akibatnya mobil saya rusak berat tidak bisa jalan karena ban depan melesak ke dalam dan untuk memperbaikinya butuh waktu 1 bulan di body repair. |