Investasi Emas Batangan Semarang

Harga emas yang terus naik, dan anti inflasi membuat banyak orang tertarik berinvestasi emas, khususnya logam mulia (LM). Mereka berharap mendapat  keuntungan tidak sedikit dari investasi emas.
.
Investasi emas dapat dilakukan dengan berbagai cara, seperti membeli emas batangan, emas pehiasan, gadai emas melalui perbankan, atau perdagangan berjangka. 

Menurut pedagang emas di kawasan Kranggan, Semarang mengatakan, bagi masyarakat pemula yang akan berinvestasi emas, lebih baik berinvestasi melalui emas batangan dibanding perhiasan.


Sebab, harga emas batangan cenderung lebih stabil dan tidak ada potongan yang besar ketika akan dijual kembali. "Pilih emas batangan minimal 25 gram. Sebab, kalau yang beratnya kecil jatuhnya lebih mahal. Kalau punya uang cukup banyak, lebih baik beli yang 100 gram, harganya lebih murah terpaut sampai Rp 35.000 per gramnya dibanding dengan ukuran berat kecil," katanya,

Penjual emas lain, Liliana mengatakan, sebaiknya beli emas batangan yang di atas 100 gram. Misal emas 100 gram harga jualnya Rp 540.000 per gram, dengan harga beli seharga Rp 530.000 per gram, selisihnya sekitar Rp 10.000-Rp 15.000 saja. Tetapi untuk ukuran lima gram harga jualnya Rp 560.000 per gram, dan harga beli Rp 530.000 per gram. Selisihnya sampai Rp 30.000.

"Ini terjadi karena harga jual setiap batang emas berbeda-beda, namun harga beli kembali itu rata-rata menggunakan standar harga beli ukuran 100 gram. Makanya saya anjurkan yang 100 gram," ujarnya.

Investasi emas itu mudah. Jika harga emas turun, segera beli, kemudian ketika harga emas naik, segera jual. "Tapi jangan hanya dalam waktu sebulan dua bulan, minimal enam bulan," imbuhnya.

Jika pemilik emas memerlukan uang dalam waktu mendadak, dia menyarankan untuk menggadaikannya. Terutama jika masih suka dengan emas yang dimiliki, dan masih ingin memiliki meskipun harga gadai selalu jauh dari harga jual pasaran. 

Namun jika belum membutuhkan uang, sebaiknya emas disimpan di rumah atau di safety deposit box."Di bank-bank pemerintah lebih aman karena dijamin pemerintah. Biayanya juga murah, ada yang setahun Rp 250.000, dan ada yang cuma Rp 150.000,"

Ahmad Gozali, perencana keuangan pada Safir Senduk mengatakan, dalam menghitung keuntungan investasi emas, tinggal menghitung berapa uang yang harus dikeluarkan untuk membeli emas, kemudian bandingkan dengan uang yang diterima jika  menjualnya sekarang. Selisihnya adalah keuntungan atau kerugian. Cukup berpatokan pada uang cash yang dikeluarkan dan didapat.

"Investasi emas baru terasa keuntungannya secara siginifikan dalam jangka waktu yang lama. Setidaknya satu tahun kemudian. Emas memang sebaiknya tidak untuk spekulasi jangka pendek. Selain itu, pemilihan pecahan juga akan mempengaruhi keuntungan yang diterima. Jika membeli emas logam mulia dengan pecahan yang lebih besar seperti 25 gram, 50 gram, atau 100 gram, biasanya selisih antara harga jual dan harga beli akan lebih tipis sehingga kemunginan untuk bisa lebih besar daripada pecahan kecil," paparnya.

Comments

Popular posts from this blog

Video Malam Pertama Jodha Jalal Tanpa Sensor

Daftar Alamat Kanwil dan KPKNL Direktorat Jenderal Kekayaan Negara

UU KUP UU PPh UU PPSP UU PPN dalam bahasa inggris (in english)