Arti dan Makna Kualitas Prooduk Ori, OEM, KW1, KW2 DST..

Dalam dunia sehari-hari kita tidak asing dengan istilah Original, OEM, KW Super bahkan sampai KW1, KW2, dan seterusnya saat akan membeli barang sebenarnya apa arti dan makna dari Original, OEM, KW Super bahkan sampai KW1, KW2, dan seterusnya.

ORI/ORIGINAL

Jenis produk dengan kualitas Original adalah produk yang merupakan barang resmi dari pihak pembuatnya. Barang ini murni di produksi, di seleksi, di standarisasi oleh sang produsen sendiri sehingga kualitas barang benar-benar terjaga dan tidak mengecewakan para pembelinya.

Membeli produk Original juga merupakan kebanggaan tersendiri bagi orang yang membelinya apalagi jika merk produk tersebut cukup terkenal di dunia.

OEM (Kependekan dari Original Equipment Manufacturer )

Produk OEM sering kali disamakan dengan KW adalah pandangan yang salah kaprah. OEM yang kepanjangannya adlah Original Equipment Manufacturer merupakan produk yang memiliki kualitas sama dengan Original. Bedanya produk Original di produksi oleh pihak pembuatnya sendiri, produk OEM merupakan produk Original pihak pembuat yang diproduksi produsen lain yang juga memiliki nama besar. 

Misalkan Perusahaan A membuat produk bernama SkyDiver, maka SkyDiver dengan kualitas Original dibuat di Perusahaan A itu sendiri. Nah suatu saat pesanan Perusahaan A begitu banyak sehingga harus mencari partner lain yaitu Perusahaan B untuk membantunya dalam melakukan produksi untuk area tertentu. SkyDiver yang di produksi pada Perusahaan B inilah yang dikatakan sebagai produk kualitas OEM. Meskipun begitu, SkyDiver yang diproduksi oleh Perusahaan B akan tetap dijual dengan menggunakan Brand milik Perusahaan A namun harganya lebih murah dari produk Original. 

KW Super

KW super adalah barang yang sangat mirip dengan produk Original dan bahkan mempunyai kualitas yang hampir 100% sama namun tanpa lisensi / ijin dari produk yang ditiru.

KW1, KW2 DST...

Inilah produk dengan kualitas paling bawah atau paling jelek dibandingkan dengan ketiga kualitas diatas. Produk KW dibuat untuk memiliki bentuk semirip mungkin dengan produk Original. Namun kualitasnya jauh karena agar harga jualnya sangat murah. Untuk produk KW, kualitas KW1 adalah yang paling bagus dan semakin kebawah (KW2, KW3,dst) kualitasnya akan semakin jelek dan lebih murah. Contoh paling banyak adalah Jersey dengan bahan kaos yang panas seharga 20 ribuan. Kalo yang ori bisa jutaan. Contoh lain sepatu bermerk yang dijual hanya 20ribuan.

Sumber: internet, kaskus

Popular posts from this blog

Video Malam Pertama Jodha Jalal Tanpa Sensor

Daftar Alamat Kanwil dan KPKNL Direktorat Jenderal Kekayaan Negara

UU KUP UU PPh UU PPSP UU PPN dalam bahasa inggris (in english)